Manfaat Tepung Kacang Hijau Untuk MPASI serta Cara Membuatnya - UVmeGuru.com

Latest

UVmeGuru.com Yang Akan Berisi Beragam Hal Menarik Di Sekitarku Dan Juga Beragam Update Informasi Bermanfaat.

Senin, 14 September 2020

Manfaat Tepung Kacang Hijau Untuk MPASI serta Cara Membuatnya

Makanan Pendamping ASI dapat mulai diberikan saat bayi mulai memasuki usia 6 bulan. Saat memasuki usia 6 bulan, biasanya bayi akan menunjukkan tanda sering haus dan lapar. Pemberian makanan pendamping ini tidak bisa dilakukan sembarangan, Bunda harus memilih menu yang sesuai dengan usia Si Kecil.



Manfaat Kacang Hijau Untuk MPASI


Salah satu bahan makanan yang dapat Bunda gunakan untuk pembuatan MPASI adalah kacang hijau. Walaupun begitu, Bunda perlu menghaluskannya terlebih dahulu menjadi tepung agar mudah dimasak menjadi bubur.


Tepung kacang hijau mengandung banyak serat, besi, magnesium, dan vitamin B yang berperan penting dalam meningkatkan daya ingat pada bayi https://merries.co.id/community-parenting/resep/jangan-bingung-simak-cara-membuat-tepung-kacang-hijau-untuk-mpasi. Beberapa manfaat kacang hijau untuk MPASI adalah:


·         Kacang hijau cukup mudah dicerna oleh tubuh. Pembuatan tepung kacang hijau bertujuan agar Si Kecil lebih mudah mengonsumsi dan Bunda juga bisa mengombinasikan dengan bahan makanan lainnya. Kacang hijau akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik agar Si Kecil terhindar dari sembelit.


·         Kacang hijau mengandung banyak protein nabati yang sangat baik untuk perkembangan organ tubuh bayi. Oleh karena itu, kacang hijau merupakan sumber protein baik dengan risiko alergi yang minim.


·         Kacang hijau merupakan bahan makanan yang memiliki peran penting untuk kesehatan organ hati. Bayi yang mengonsumsi kacang hijau memiliki risiko yang lebih rendah terkena gangguan hati.


·         Kacang hijau dapat menambah daya tahan tubuh pada bayi. Oleh karena itu, Bunda bisa menggunakan tepung kacang hijau sebagai tambahan kreasi MPASI untuk Si Kecil.


Menu MPASI Tepung Kacang Hijau


Ada banyak menu MPASI yang bisa dibuat menggunakan tepung kacang hijau. Penambahan bahan makanan lain akan membuat rasa makanan menjadi lebih unik dan Si Kecil bisa belajar untuk eksplorasi rasa. Beberapa menu MPASI untuk bayi yaitu:


1.   Bubur kacang hijau dan saus pepaya


Bunda memerlukan 1 sdm tepung kacang hijau, 1 sdm tepung beras, 300 ml ASI atau susu formula, dan 100 ml air. Campurkan kedua tepung dan larutkan dengan air. Panaskan susu dan tuang ke larutan tepung, aduk hingga menjadi bubur yang kental.

 

Untuk pembuatan saus pepaya, Bunda memerlukan 100 gram pepaya manis dan sedikit air matang. Cara pembuatannya sangat mudah, campur kedua bahan dan haluskan menggunakan blender.

 

2.   Bubur kacang hijau dan pisang


Rasa pisang yang manis akan sangat cocok jika dipadukan dengan tepung kacang hijau. Bahan yang dibutuhkan adalah pisang ambon dan tepung kacang hijau. Cara pembuatan adalah campurkan pisang dan tepung kacang hijau ke dalam blender dan haluskan.


Apabila Bunda ingin bubur menjadi lebih cair, Bunda bisa menambahkan sedikit air atau susu ke dalam blender. MPASI dengan bahan kacang hijau dan pisang sudah siap diberikan untuk buah hati.


Pemberian MPASI untuk Si Kecil tidak bisa dilakukan tanpa persiapan yang matang. Bunda harus menggali banyak informasi sebelum mulai melakukan pemberian MPASI. Jangan terlalu terburu-buru mengenalkan banyak makanan sekaligus pada bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar